Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok

 


Salam Touring Indonesia, manteman KTI khususnya dan semua pengendara motor/mobil/sepeda pecinta piknik udar-ider, kali ini kita mau bahas tentang Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok, yak ini materi yang kami dapat baru untuk pengendara sepeda motor ya, so.. driver dan goweser monggo sabar dulu ya ... yuk cuss aja kita bahas apa aja sih standarisasinya menurut teman-teman di IKATAN MOTOR INDONESIA

First of all, kita harus pahami dimasa-masa pandemi / setelah pandemi ini sudah terbentuk New Normal yang mana segala SOP harus ditambah Prokes (Protokol Kesehatan) yaitu :

  • Sering Mencuci Tangan
  • Memakai Masker (KN95 diutamakan)
  • Selalu menjaga jarak
Upaya demikian untuk mencegah terjadinya penularan berbagai penyakit tentunya (gak hanya Covid-19)

Apa sih berkendara berkelompok itu ?

nah kalau menurut buku panduan Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok, berkendara berkelompok adalah "kumpulan /kelompok /rombongan orang yang mengendarai sepeda motor secara beriringan dijalan raya dari satu tempat menuju tempat lain. Tertib, sopan dan patuh dalam berlalu lintas serta aturan perundangan yang berlaku. Tidak mengatur lalu lintas mengganggu, membahayakan diri sendiri dan peserta lain maupun pengguna jalan serta masyarakat sekitar"

Nah sebetulnya banyak part-part dari buku ini yang membahas berbagai kesiapan, namun akan kami bahas detail di next artikel yah, untuk Panitia / Touring Commitee kegiatan touring sendiri adalah sebagai berikut : 

  1. Pimpinan Perjalanan/Road Captain (RC), Bila lebih dari 1 grup atau rombongan besar, dipilih Ketua Pimpinan Rombongan ( CHIEF ROAD CAPTAIN) yang mengkoordinir RC KELOMPOK / GROUP TERBAGI

  2. Pengurus/Safety Officer (SO)

  3. Penutup/PENYAPU Rombongan/Sweeper (SP)

  4. Pendukung, Medis, Fotografer 


Dan masing-masing dari TC punya peran dan fungsi masing-masing (yang akan di detailkan next artikel) , adapun materi briefing ketika hendak melakukan perjalanan adalah sebagai berikut : 
  1. AbsensiPesertadanTimTC

  2. Aturan dan regulasi (tidak menyusul dari kiri, tidak makan dalam

    berkendara, tidak mengatur lalu lintas, tidak menyusul pimpinan

    rombongan, jaga jarak aman,

  3. Penjelasan Signal tangan

  4. Rute hari ini, tempat/tujuan, Daerah yang dilalui, kondisi jalan,

    perkiraan cuaca, tempat pemberhentian, Istirahat (lama berkendara maksimal 2 jam diselingi istirahat), tidak merubah jalur atau rute yang dilalui, tidak panik jika terpisah atau terputus dari rombongan, Mengikuti rute, mengikuti aturan lalu lintas karena rombongan akan menunggu di pemberhentian berikutnya dan hal- hal lain yang berhubungan dengan perjalanan yang akan dilakukan hari ini.

  5. Evaluasikegiatanharisebelumnya

  6. Informasi tentang Peralatan keselamatan berkendara

  7. Informasi formasi dan urutan peserta dan group / keompoknya

  8. PenyampaiandanfungsiPengurusTC/OFFICERS

  9. Berdoa.


Yaps, itulah sedikit rangkuman dalam Buku Panduan  
Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok untuk lebih lengkapnya mari kita bahas satu-satu di Next Artikel

Thanks for reading ... 







Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok Reviewed by iTouring on September 04, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.