Salam Touring Indonesia, manteman KTI khususnya dan semua pengendara motor/mobil/sepeda pecinta piknik udar-ider, kali ini kita mau bahas tentang Standarisasi Tata Cara Berkendara Sepeda Motor Berkelompok, yak ini materi yang kami dapat baru untuk pengendara sepeda motor ya, so.. driver dan goweser monggo sabar dulu ya ... yuk cuss aja kita bahas apa aja sih standarisasinya menurut teman-teman di IKATAN MOTOR INDONESIA
First of all, kita harus pahami dimasa-masa pandemi / setelah pandemi ini sudah terbentuk New Normal yang mana segala SOP harus ditambah Prokes (Protokol Kesehatan) yaitu :
- Sering Mencuci Tangan
- Memakai Masker (KN95 diutamakan)
- Selalu menjaga jarak
-
Pimpinan Perjalanan/Road Captain (RC), Bila lebih dari 1 grup atau rombongan besar, dipilih Ketua Pimpinan Rombongan ( CHIEF ROAD CAPTAIN) yang mengkoordinir RC KELOMPOK / GROUP TERBAGI
-
Pengurus/Safety Officer (SO)
-
Penutup/PENYAPU Rombongan/Sweeper (SP)
-
Pendukung, Medis, Fotografer
-
AbsensiPesertadanTimTC
-
Aturan dan regulasi (tidak menyusul dari kiri, tidak makan dalam
berkendara, tidak mengatur lalu lintas, tidak menyusul pimpinan
rombongan, jaga jarak aman,
-
Penjelasan Signal tangan
-
Rute hari ini, tempat/tujuan, Daerah yang dilalui, kondisi jalan,
perkiraan cuaca, tempat pemberhentian, Istirahat (lama berkendara maksimal 2 jam diselingi istirahat), tidak merubah jalur atau rute yang dilalui, tidak panik jika terpisah atau terputus dari rombongan, Mengikuti rute, mengikuti aturan lalu lintas karena rombongan akan menunggu di pemberhentian berikutnya dan hal- hal lain yang berhubungan dengan perjalanan yang akan dilakukan hari ini.
-
Evaluasikegiatanharisebelumnya
-
Informasi tentang Peralatan keselamatan berkendara
-
Informasi formasi dan urutan peserta dan group / keompoknya
-
PenyampaiandanfungsiPengurusTC/OFFICERS
-
Berdoa.
Thanks for reading ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar